WHAT'S NEW?
Loading...

Seperti apa rasanya hidup di Venus?


Hello Dutzaka ~ Dengan laskap berwarna jingga, kering dan suhu yang cukup panas untuk melelehkan timah, Venus adalah planet neraka di tata surya kita. Saat ini, teknologi kita belum mampu untuk menjadikan Venus layak huni. Tapi, jika kita berandai-andai, seperti apa keadaan jika kita hidup di Venus?

Venus sering dianggap sebagai kembaran Bumi karena ukuran dan komposisi yang miripJadi, tidak mengejutkan bahwa NASASovietEuropean Space Agency (ESA) dan lain-lain telah mengirim banyak pesawat ruang angkasa untuk menjelajahi planet keduadari matahari ini - lebih dari 40 wahana antariksa yang pernah menyelidiki Venus sejak tahun 1960an.

Pada awal 1990-anNASA mengirim wahana antariksa Magellan yang menggunakansinyal radar untuk memetakan 98 persen dari planet Venus (kita tidak bisa melihatlangsung permukaan Venus karena planet ini memiliki awan yang sangat tebal). Setelah ituVenus hampir dilupakan sampai tahun 2005, ketika ESA meluncurkan pesawat ruang angkasa Venus Express untuk mempelajari atmosfer planet ini.

Permukaan Venus sangat berbeda dari planet lain di tata suryaGambar radar dariMagellan menunjukkan bahwa permukaan Venus dihiasi dengan pegunungan, kawah;ribuan gunung berapibeberapa gunung jauh lebih besar dari gunung berapi di bumi,selokan lava yang memiliki panjang hingga 3.000 mil (5.000 km), struktur seperti cincin yang disebut korona atau mahkota dan lanskap aneh yang disebut tesserae.

Sementara itu, 2/3 permukaan Venus berupa dataran halus yang cocok untuk dijadikan pangkalan atau koloni bagi kehidupan.

Jalan-jalan di Venus tidak akan menjadi pengalaman yang menyenangkanPermukaanVenus benar-benar kering karena planet ini menderita efek gas rumah kacaArtinya, atmosfer tebalnya yang didominasi karbon dioksida memerangkap panas yang membuatsuhu permukaan di planet ini sekitar 870 derajat Fahrenheit (465 derajat Celsius).

Gravitasi Venus hampir 91 persen dari bumisehingga anda bisa melompat sedikit lebih tinggi di planet ini dan objek akan terasa sedikit lebih ringan di Venus dibandingkan dengan Bumi. Tapi anda mungkin tidak akan melihat perbedaan dalam gravitasi begitu banyak, tapi apa yang akan anda perhatikan adalah atmosfernya yang padat. Udara begitu tebal sehingga jika anda mencoba untuk menggerakkan lengan anda dengan cepatanda mungkin sedikit kesusahan. Hampir seperti berada di dalam air.

Tekanan di Venus juga sangat besar. Venus memiliki tekanan 92 kali dari Bumi sehingga untk menyamai tekanan di  Venus, kita butuh turun lebih dari 3.000 kaki (914 mke dalam laut.

Venus membutuhkan 225 hari Bumi untuk mengelilingi matahari dan 243 hari Bumi untukberputar pada porosnya. Siang hari di Venus menghabiskan waktu 117 hari Bumi dan Venus juga berputar mundur yang berarti bahwa matahari akan terbit di barat dan terbenam di timur.

Langit di Venus akan selalu muncul dengan warna oranye kemerahan, hal ini sebabkan oleh molekul karbon dioksida yang menghamburkan cahaya matahariMatahari akan terlihat sangat kabur di planet ini. Hal tersebut disebabkan karena awannya yang tebal dan pada malam hari, langit malam hari akan gelap tanpa bintang.

Angin yang berhembus di atmosfer tinggi Venus melaju hingga 249 mph (400 km / h-lebih cepat dari tornado dan badai angin di BumiTapi di permukaan planetangin hanyaberhembus sekitar 2 mph (km / jam)Meskipun planet ini memiliki petir, petir tersebut tidak pernah mencapai permukaan dan karena panas yng sangat ekstrim, air hujan di Venus juga tidak pernah mencapai tanah.

Gunung berapi aktif di Venus juga menjadi ancaman.

Venus berbeda dari BumiVenus mungkin tidak memiliki gempa bumi karena tidak memiliki aktivitas lempeng tektonik yang melepaskan panas dari interiornyaSebaliknya,apa yang mungkin terjadi adalah panas terbentuk ke titik kritis selama jutaan tahun dankemudian tiba-tiba akan dikeluarkan dari beberapa jenis mekanismeseperti aktivitasvulkanik berskala besar yang dapat merubah struktur permukaan lanskap Venus.

Tetapi jika anda mengeluh ke keluarga anda di Bumi karena lava menghancurkanhalaman belakang Andajangan harap pesan anda akan segera di balas - pesan andamemerlukan waktu beberapa menit untuk mencapai Bumi ketika dua planet ini berada pada jarak terdekatDan ketika Venus berada di sisi lain dari mataharibisa memakan waktu hampir 15 menit agar pesan Anda mencapai Bumi.

0 comments:

Post a Comment

► No SARA
► No SPAM
► Comment sesuai dengan Artikel ( Topic )
► Jangan memakai Bahasa Kasar

- Thanks for Join !

notifikasi
close